Selasa, 05 Februari 2013

Cara Mengatasi Sifat Malu

Berikut cara membantu anak yang pemalu .. :

Pasangan bertolak belakang
Memasangkan seorang anak yang tidak di perhatikan dengan anak yang terbuka . Dengan memilki teman yang populer, anak pemalu akan mendapatkan lebih banyak pengakuan dari lingkungannya dalam waktu singkat .

Pasangan lebih muda
Memasangkan seorang anak dengan kemampuan sosial rendah dengan anak yang lebih muda bisa menjadi cara mengubah status anak . Penelitian pada tahun 1980-an menunjukan jika anak tidak populer berusia antar 4 atau 5 tahun bermain dengan anak yang lebih muda tingkat popularitasnya meningkat setidaknya 50.

Aktivitas pertemanan dan berkelompok
Walaupun anak yang membentuk kelompok eksklusif dalam suatu kelompok besar terlihat buruk, membolehkan anak berbaur dengan kelompok lainnya akan memotivasinya untuk bergaul dengan teman sebaya yang bukan anggota kelompok itu .

Kelompok kecil
Kadang ada kesalahpahaman bahwa anak yang tidak supel akan menjadi supel jika dikelilingi oleh orang dewasa . Faktanya, kelompok kecil baik dalam menfasili-tasi persahabatan . Dalam kelompok besar anak yang tidak supel tetap tidak menonjol , sedangkan dalam kelompok kecil ia pasti mendapatkan perhatian .

Tanggung jawab utama  
Menentukan peranan khusus , misalnya memberi tanggung jawab kepada anak yang paling populer, tampaknya memilik efek menenangkan bagi semua anak di usia pra-sekolah . Contoh tugas itu adalah membagikan sedotan untuk minuman susu atau kegiatan bersih - bersih . 

Semoga yang lalunya malu , setelah membaca ini tidak akan malu ..

0 komentar:

Posting Komentar