Sabtu, 11 Mei 2013

3 Pemain Bola Terkaya Tahun 2013

1. David Beckham (Paris St Germain) - Rp2,53 Triliun

 David Beckham merupakan pemain yang sukses membuktikan bahwa pesepakbola tidak hanya populer sebagai atlet tapi juga secara global, menjadi aset berharga dalam dunia olahraga dan bisnis.
Pemain kelahiran London ini pernah berseragam Manchester United, Real Madrid, Milan, LA Galaxy, Paris Saint-Germain dan timnas Inggris yang menjadikannya sukses dengan menyabet gelar liga di tiga negara berbeda. Kini, Beckham tengah menanti medali Ligue 1 masuk dalam lemarinya setalah bergabung dengan skuat Carlo Ancelotti dengan kontrak jangka pendek. 

Kekayaan besar berhasil diraihnya secara terus menerus merupakan bukti dari daya tariknya, karena meski telah mendekati masa pensiun, pendapatan fenomenal pemain 37 tahun ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan menurun.
Olahragawan terkaya di daratan Britania Raya ini juga menjadi pesepakbola terkaya di dunia. Estimasi pendapatan Beckham 'hanya' dari aktivitas iklan pada 2012 mencapai £15 juta, naik dari pendapatan di tahun sebelumnya. Ini merupakan pencapaian luar biasa bagi pemain yang mulai memasuki masa pensiun. Tahun lalu dia mengantongi dana lumayan dari mitra kerja sama dengan Adidas, Samsung, Armani dan Diet Pepsi. Keterlibatannya di Olimpiade 2012 tahun lalu juga menghasilkan pendapatan tambahan dari iklan.
Beckham memiliki delapan direktur perusahaan atau sekretaris pribadi. Dia juga dibayar untuk kesepakataan sponsorship tertentu melalui perusahaan Footwork Production, yang mengelola pekerjaannya dan hak cipta. Pada 2011, perusahaan tersebut memperoleh pendapatan £15,2 juta dan Beckham membayar dirinya sendiri £13,3 juta.  


2. Lionel Messi (Barcelona) - Rp1,66 Triliun

Pengoleksi empat Ballon d'Or yang mencetak 91 gol selama 2012 tidak biasanya menempati urutan kedua, dia harus melewati sedikit cara sebelum pendapatan serta endorsement memastikan kekayaannya merupakan yang terbesar di sepakbola.

Tapi, setelah melewati perjalanan kini momen tersebut ada di pihaknya. Di usia yang baru 25 tahun, Messi baru sekarang mencapai puncak kekuasaannya. Meski dianggap belum mencapai masa kejayaannya, Messi telah mengantongi lima gelar La Liga, tiga Liga Champions, dua Piala Dunia Antarklub, dua Copa del Rey dan medali emas Olimpiade.

Saat mencapai prestasi individu mengagumkan dengan menjadi pemain tersubur dalam satu tahun kalender pada 2012, Messi diganjar kontrak baru sekaligus mendapat kenaikan gaji signifikan dari £172 ribu per pekan menjadi £251 ribu per pekan, ditambah bonus. La Pulga berpotensi mengantongi pundi-pundi uang tambahan hingga £1,5 juta per tahun dari bonus - bonus yang biasa didapatkannya secara reguler setiap tahun.

Beberapa aset kapten Argentina antara lain sejumlah properti di Rosario, Argentina termasuk rumah masa kecil, apartemen eksklusif, rumah mewah dan perumahaan untuk keluarganya. Dia juga memiliki rumah mewah di Barcelona. Sementara mobil yang dimiliki Messi adalah Audi R8 seharga £100 ribu dan Ferrari F430 Spider yang harganya konon mencapai £135 ribu. 


3. Cristiano Ronaldo (Real Madrid) - Rp1,6 Triliun

Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal dunia dalam sejarah sepakbola setelah memutuskan hijrah dari Manchester United demi bergabung dengan Real Madrid seharga £80 juta pada 2009 dan sang pemain sukses membuktikan harga yang dibayarkan Los Blancos dengan kesuburannya di lapangan.

Sejak gabung dengan Madrid pemain fenomenal ini mencetak rekor gol mengagumkan, setelah membukukan 84 dari 196 bersama United dan sekarang dia mendekati angka 200 bersama Madrid. Musim lalu, dia menjadi inspirator Los Galacticos mengakhiri hegemoni Barcelona dengan merengkuh gelar pertama La Liga dalam empat musim terakhir dan Ronaldo mencetak gol vital sepanjang musim lalu, terutama di laga krusial kontra Blaugrana di Camp Nou. 


Mengantongi £157 ribu per pekan, Ronaldo menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia ketika dia pindah dari Manchester ke ibu kota Spanyol. Dia juga berpotensi mendapat tambahan £180 ribu per tahun yang dilihat dari penampilan dan sukses klub, sementara kontraknya sendiri berisi klausul buy-out senilai £830 juta.

Sejak saat itu gaji pemain 28 tahun ini disalip pemain lain seperti Lionel Messi, Samuel Eto'o dan Zlatan Ibrahimovic, namun ada kemungkinan peningkatan jika dia bersedia mempepanjang kontraknya dengan Madrid yang akan berakhir pada 2015. Sampai CR7 membubuhkan tanda tangan perpanjangan kontrak, tidak tertutup kemungkinan dia kembali ke Manchester atau menjajal klub kaya di Paris atau Rusia.

Selama negosiasi kontrak dengan Madrid, Ronaldo mengaku "kecewa" di Liga Champions. Tapi kabar yang berkembang kekecewaan CR7 berkaitan dengan pendapatan klub dari hasil kesepakatan pribadinya dengan sponsor. Selama ini dia mendapat bagian 60:40 dari sponsor, tapi sekarang Ronaldo menginginkan hak iklan sepenuhnya masuk kantong pribadi. Jika sukses, Ronaldo berpeluang melewati kekayaan Messi tahun depan. 


Ronaldo berhasil mengantongi sekira £12 juta per tahun dari sejumlah sponsor, mulai dari Nike (kesepakatan sekarang hingga 2014 dengan nilai £4 juta per tahun) hingga video game Pro Evolution Soccer, Coca Cola, Armani, Castrol, Bugatti, Linic, Clea, Konami dan Motorola, belum termasuk royalti yang didapat dari autobiografi Moments. Pada Desember 2012, bank Portugal Banco Espirito mengumumkan perpanjangan mitra kerja sama dengan sang pemain hingga 2014.


 






 


0 komentar:

Posting Komentar