Jumat, 25 Januari 2013

Factor - Factor Yang mempengaruhi Konsep Diri Yang Positif



Sebelumnya saya telah membahas tentang factor – factor yang mempengaruhi konsep diri negative  , pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengubah konsep diri negative  , sehingga menjadi konsep diri yang positif . 

Seringkali diri kita sendirilah yang menyebabkan persoalan bertambah rumit dengan berpikir yang tidak – tidak terhadap suatu keadaan atau terhadap diri kita sendiri . Namun, dengan sifatnya yang dinamis , konsep diri dapat mengalami perubahan kea rah yang lebih positif. Langkah – langkah yang perlu di ambil untuk memiliki konsep diri yang positif adalah sebagai berikut .

1.       Bersikap Objektif Dalam Mengenali diri sendiri
                Hargailah diri sendiri . Tidak ada orang lain yang lebih menghargai diri kita selain diri sendiri . Jikalau kita tidak bias menghargai diri sendiri , tidak dapat melihat kebaikan yang ada pada diri sendiri , tidak ampu memandang hal – hal baik dan positif dalam diri , bagaimana kita bisa menghargai orang lain dan melihat hal – hal baik yang ada dalam diri orang lain ?

2.       Jangan Memusuhi Diri Sendiri
                Perperangan terbesar dan paling melelahkan adalah peperangan yang terjadi dalam diri sendiri . Sikap menyalahkan diri sensiri secara berlebihan merupakan pertanda bahwa ada permusuhan dan peperangan antara harapan ideal dengan kenyataan diri sejari ( Real Self ). Akibatnya, akan timbul kelelahan mental dan rasa frustasi yang dalam serta makin lemah dan negative konsep dirinya .

3.       Berpikir Positi Dan Rasioanl
                Dengan memiliki konsep diri yang positif, seseorang dapat memiliki rasa percaya diri yang kuat yang menampilkan sosok pribadi yang menarik. Seseorang yang selalu berpikir positif memiliki Inner Beauty . Inner Beauty atau ‘ kecantikan batin ‘ adalah cerdas , ramah , murah senyum , punya banyak teman, dan rendah hati .

0 komentar:

Posting Komentar