Rabu, 23 Januari 2013

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak


Seiring, bertambahnya usia, fungsi otak juga mengalami penurunan. Kondisi itu membuat banyak iklan media menawarkan produk untuk mempertajam pikiran, daya ingat dan membantu konsentrasi. 
Beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak orang lain sebagai berikut :



1.        Kafein agar tetap waspada
Tidak ada obat ajaib untuk meningkatakan IQ atau membuat jadi lebih pintar, tetapi zat tertentu seperti kafein dapat memberikan energi dan membantu tetap fokus dan berkonsentrasi .

2.        Gula meningkatkan kewaspadaan
Gula adalah bahan bakar otak. Segelas minuman manis dapat meningkatkan daya ingat , proses berpikir, dan kemampuan mental untuk jangka pendek. Namun, jika mengkonsumsi terlalu banyak, dapat menganggu daya ingat .

3.        Sarapan untuk bahan bakar otak
Sumber protein yang bermanfaat untuk otk meliputi makanan kaya serat , biji-bijian , susu, dan buah-buahan . Namun jangan makan sarapan berlebihan. Sarapan berkalori tinggi justru dapat menghambat konsentrasi.

4.        Ikan, nutrisi otak yang sebenarnya
Sumber protein yang bermanfaat meningkatkan kerja otak adalah ikan , terutama yang kaya asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pembangunan otak. Lemak sehat ini sangat luar biasa untuk meningkatkan daya otak.

5.        Kacang dan cokelat
Kacang – kacang dan biji – bijian merupakan sumber antioksidan vitamin E yang mampu mengurangi efek menurunnya fungsi otak karena pertambahan usia .

6.       Alpokat dan biji-bijian utuh
Makan alpukat dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan tekanan darah serta menurunkan kadar kolestrol jahat .

7.        Blueberry
Penelitian pada hewan menunjukan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek penuaan seperti penyakit alzheimer atau pikun .

8.        Makanan sehat
Makanan yang tidak mengandung nutrisi penting dapat menurunkan kemampuan konsentrasi . Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit juga dapat mengganggu kemampuan pikiran untuk fokus .

9.        Vitamin , Mineral dan suplemen
Para ilmuwan lebih optimistis mengenai efek gingseng, ginkgo, dan vitamin, mineral, dan kombinasi herbal terhadap fungsi otak .
 

0 komentar:

Posting Komentar