Jumat, 25 Januari 2013

Faktor Negatif Yang Mempengaruhi Konsep Diri



Konsep diri dapat didefinisikan sebagai keyakinan, penilaian atau pandangan seseorang terhadap dirinya . Orang yang memiliki konsep diri negative berciri – ciri : Meyakini bahwa dirinya dirinya lemah , tidak berdaya , malang , tidak kompeten , gagal ,tidak menarik , tidak di sukai atau bodoh . Mereka adalah tipe orang yang gagal sebelum berperang, tidak melihat sebuah kesempatan sebagai sebuah tantangan, melainkan sebagai suatu masalah .
Adapun Faktor – factor negatif yang mempengaruhi konsep diri adalah sebagai berikut :

1.       KEGAGALAN
                Kegagalan yang terus menerus dialami sering kali menimbulkan pertanyaan kepada diri sendiri dan berakhir dengan kesimpulan bahwa semua penyebabnya terletak padan kelemahan diri . Kegagalan membuat orang merasa dirinya tidak berguna . Tidak jarang orang yang merasa gagal terjebak pada pada penilaian negative terhadap dirinya sendiri, misalnya bunuh diri .

2.       DEPRESI
Orang yang sedang mengalami depresi akan mempunyai pemikiran yang cenderung negatif dalam memandang dan merespon segala suatunya , termasuk menilai diri sendiri .

3.       KRITIK INTERNAL
Terkadang , Mengkritik diri sendiri memang membutuhkan untuk menyadarkan seseorang akan perbuatan yang telah dilakukan  . Kritik terhadap diri sendiri sering berfungsi menjadi regulator atau rambu – rambu dalam bertindak dan berperilaku  agar keberadaan kita diterima oleh masyarakat agar dapat beradaptasi dengan baik .

4.       POLAH ASUH ORANG TUA
Pola asuh orang tua turut menjadi factor segnifikan dalam memengaruhi konsep diri yang terbentuk. Sikap positif orang tua yang terbaca oleh anak, akan menumbuhkan konsep dan pemikiran yang positif serta sikap menghargai diri sendiri. Sikap negatif orang tua akan mengundang pertanyaan pada anak , dan menimbulkan asumsi bahwa dirinya tidak cukup berharga untuk dikasihi, untuk disayangi dan dihargai .Semua itu akibat kekurangan yang padanya sehingga orang tua tidak sayang .

0 komentar:

Posting Komentar