Kamis, 31 Januari 2013

Misteri Asap Rokok

         Dampak rokok terhadap kesehatan sangat banyak . Dalam asap rokok terdapat 4000 zat kimia berbahaya untuk kesehatan, dua di antaranya adalah adiktif dan tar yang bersifat karsinogenik (menimbulkan kanker )
                Racun dan karsinogen yang timbul akibat pembakaran tembakau dapat memicu terjadinya kanker . Pada awalnya rokok mengandung 8-20 mg nikotin dan setelah di bakar nikotin yang masuk ke dalam sirkulasi darah hanya 25 persen . Walau demikian jumlah kecil tersebut memiliki waktu hanya 15 detik untuk sampai ke otak manusia .
                Nikotin itu diterima oleh reseptor asetilkolin – nikotinik  yang kemudian membaginya ke jalur imbalan dan jalur adrenergenik. Pada Jalur imbalan , perokok akan merasakan rasa nikmat , memacu sistem dopaminergik . Hasilnya perokok akan merasa lebih tenang, daya pikir serasa lebih cemerlang, dan mapu menekan rasa lapar .
                Survey pada badan kesehatan dunia WHO yang mengatakan, ada sekitar 3 juta kematian setia tahunnya akibat asap rokok pada kurun waktu 90-an . Penyebabnya hanya bukan kanker paru dan jantung yang di picu oleh berbagai racun yang di hembuskan setiap isapan rokok ke dalam tubuh , namun juga oleh banyak penyakit lain yang di sebabkan perilaku merokok , baik secara aktif maupun pasif .
                Efek rokok bagi tubuh yang jarang di publikasikan , seperti menurunkan sistem kekebalan tubuh hingga mengakibatkan kerontokan rambut, gangguan katarak pada mata, kulit cepat keriput , kehilangan pendengaran dini, menimbulkan kerusakan gigi , rentan terkena Osteoporosis, mengurangi jumlah dan kelainan bentuk sperma. Dampaknya memang tidak instan seperti halnya narkoba atu minuman keras . Dampak merokok akan baru terasa setelah 10 hingga 20 tahun setelah konsumsi .
                Resiko anak – anak terkena kanker paru –paru mengalami kenaikan sampai 3.6 kali dari orang tua perokok, karena anak – anak ini telah menjadi perokok pasif . Secara keseluruhan penelitian juga menunjukan resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan paru –paru akan mencapai 30% bagi anak – anak perokok pasif ini .

0 komentar:

Posting Komentar